Daftar Film Indonesia Modern Dengan Tema 1990-an

Seringkali kita bernostalgia melalui film-film yang mengambil alih latar jadul, contohnya film era 1900-an.

Kini, dengan makin majunya dunia perfilman Indonesia, film-film yang berlatar jadul ini mampu digarap di era sekarang, ibarat film vintage, tetapi lahir di era modern.

Nah, tersebut 5 petunjuk film yang diambil alih dengan latar era 1900-an, tetapi tayang di th. 2000-an.

  1. Before, Now and Then (Nana) – 2022
    Berlatar selagi 1960-an, film drama Nana daftar judi bola garapan Kamila Andini ini mengisahkan mengenai seorang perempuan Sunda, Nana yang wajib menekuni hidup sebagai istri di keluarga ternama usai kehilangan suami dan ayahnya.

Nana menikah lagi bikin memulai hidup barunya dengan pria kaya yang selamanya memandang rendah dirinya. Suaminya termasuk nggak setia. Ia menderita didalam diam.
Hingga suatu hari, Nana berteman dengan keliru satu selingkuhan suaminya, yang menyebabkan segalanya berubah.

Film yang menggunakan bahasa Sunda selama filmnya ini dibintangi Happy Salma dan Laura Basuki.

Diketahui, film ini berangkat dari keliru satu bab buku Jais Darga Namaku karya Ahda Imran.

  1. Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas – 2021
    Mengambil latar selagi akhir 1980-an hingga 1990-an, film garapan Edwin ini berupaya menampilkan keadaan era tersebut melalui dialog bahasa baku.
    Dalam Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, para pemainnya termasuk berpenampilan ala 1980-an, layaknya Ajo Kawir yang bergaya dengan jaket populer di era itu.

Nggak sekedar itu, bervariasi peristiwa di th. itu termasuk ditampilkan, contohnya persoalan penembakan misterius atau Petrus di 1980-an, dan juga peristiwa gerhana matahari di 1983.

Dikisahkan film ini mengenai seorang petarung jantan yang bergelut dengan impotensinya, selanjutnya jatuh cinta kepada seorang petarung wanita yang kejam.

  1. Melankolia – 2020
    Lewat film yang dibintangi Ari Ilham, Aghniny Haque, dan Taskya Namya dan digarap M. Irfan Ramli ini, lo mampu nostalgia th. 1990an.

Pasalnya, di Melankolia, lo akan disuguhin menjadi dari barang hits, musik, tren tipe pakaian, fakta sejarah, hingga video game th. 1990-an, Street Fighter.

Dalam film sesungguhnya nggak kelihatan game apa yang dimainkan, tetapi dari efek suaranya kalo lo anak generasi 1990an, selagi denger tentu segera mengerti game-nya.

Video game Street Fighter ini populer di akhir 1990-an, dan itu makin ditegaskan dari kontroler yang dipegang keduanya. Keduanya pegang stik Nintendo zaman dulu.

Film Melankolia ini mengisahkan cerita pilu mengenai persahabatan, cinta, dan termasuk keluarga.

  1. Di Balik 98 – 2015

Mengambil latar selagi layaknya judulnya, 1998, film ini mengisahkan tentang orang yang berjuang menemukan ulang keluarganya saat berjalan tragedi kerusuhan akibat krisis moneter di 1998.

Tahun berikut juga menjadi bersejarah, gara-gara reformasi besar-besaran berjalan di Indonesia. Adapun film Di Balik 98 ini dibintangi Chelsea Islan, Boy William, Ririn Ekawati, dan Donny Alamsyah.

  1. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk – 2013
    Meski tayang di 2013, film ini menyita latar selagi 1930-an dan kisah ini berangkat dari novel dengan judul yang sama, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, karya Buya Hamka.

Film ini mengisahkan soal perbedaan latar belakang sosial yang menghambat interaksi cinta sepasang kekasih, hingga berakhir kematian.

Dikisahkan, Zainuddin (Herjunot Ali) berlayar menuju kampung halaman ayahnya di Batipuh, Padang Panjang dari Makassar.

Lalu ia bertemu Hayati (Pevita Pearce), dan keduanya jatuh cinta. Namun, tradisi dan istiadat yang kuat meruntuhkan cinta mereka berdua.

Related Post